Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Tingkat Provinsi Jawa Barat

 

Menteri LH - HLH Bandung

Sumber, 25 Juni 2015. Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se Dunia Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Barat diselenggarakan di Halaman Barat Gedung Sate Kota Bandung pada tanggal 13 Juni 2015 dipimpin langsung ole Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc yang akan memberikan sambutan. Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 juni dengan tema utama yaitu “Mimpi dan Aksi bersama untuk keberlanjutan kehidupan di Dunia” mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, World Environment Day 2015, Yang ditetapkan oleh Badan Lingkungan Hidup PBB, United Nations Environment Programme (UNEP), Yaitu ” Seven Billion Dreams, One Planet, Consume With Care”.

Dalam kesempatan ini, Ahmad Heryawan mengucapkan selamat memperingati ” Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015. dengan peringatan ini marilah kita meningkatkan spirit, komitmen dan kerja nyata kita, dalam upaya pemulihan lingkungan yang rusak dan tetap melakukan konservasi lingkungan yang masih baik. Dalam Laporannya kepada Gubernur Jawa Barat, Kepala BPLHD Provinsi JAwa Barat, Dr. Ir. Anang Sudarna M.Sc.Ph.D, menyampaikan bahwa peringatan
Hari Lingkungan Hidup bertujuan untuk mengajak seluruh pemangku kepentingan dapat berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, khususnya dalam menjaga kelestarian bumi, serta merubah pola pikir para pemangku kepentingan menjadi masyarakat yang berbudaya lingkungan.
Sebagai akibat pesatnya kegiatan pembangunan,permasalahan lingkungan hidup dari hari kehari dirasakan semakin kompleks, terutama dampak perubahan iklim yang antara lain menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi pesisir dan laut serta keneradaan sejumlah pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan kepulauan Indonesia. Jika kondisi kemerosotan kualitas lingkungan ini terus menerus terjadi baik di wilayah pesisir atau wilayah lainnya bukan tidak mungkin di masa yang akan datang mempengaruhi “Ketahanan Lingkungan”, Bahkan berdampak signifikan pada ketahanan pangan dan kesehatan masyarakat.
Sebagai bahan evaluasi, dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak peringatan HLH Se Dunia Tahun 2014 tanggal 22 Juni 2014, yang dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan Gerakan Citarum BESTARI, Pemerintah Jawa Barat melakukan berbagai upaya untuk memulihkan Lingkungan Hidup, antara lain :

Melaksanakan Gerakan Citarum BESTARI, yang difokuskan di DAS Citarum Hulu Segmen I (Km 0-20) dan II (Km 21-40) di 120 Desa (14 Kecamatan) Kabupaten Bandung.
Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Lingkungan Hidup.
Pembentukan Satuan Tugas (SATGAS) Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu,
Melakukan berbagai operasi penindakan bagi para Penjahat Lingkungan di Jabar Selatan, Cekungan Bandung, Kawasan Kars Pangkalan (Kabupaten Karawang), Penambangan di Bogor Barat, Gunung Guntur, Kawasan Bandung Utara, Dll.

Sampai saat ini upaya penegakkan hukum lingkungan belum menimbulkan dampak yang signifikan dan memberi efek jera, karena hukuman bagi para penjahat lingkungan belum sesuai dengan amanat undang-undang. Namun kita tentu tidak akan pernah lelah, apalagi  berhenti untuk melakukan penindakan kepada setiap Penjahat lingkungan, Siapapun mereka.
Peringatan Hari lingkungan Hidup diikuti sekitar 1.111 orang, antara lain berasal dari : Pemerintah Pusat (Kementrian Terkait) 10 Orang, Bupati/Walikota 27 Orang, Muspida 27 Orang, OPD Jabar 40 Orang, Kepala OPD Bidang LH Kab/Kota 27 Orang, Perwakilan OPD terkait di 10 Kab/KOta 84 Orang, BUMN/BUMD 48 Orang, Pimpinan Perguruan Tinggi 16 Orang, Asosiasi dan Industri 135 Orang, Tokoh dan LSM 54 Orang, serta para penerima penghargaan 172 orang, dan anggota masyarakat pedulai lingkungan yang tergabung dalam berbagai komunitas/LSM.
Dalam penyelenggaraan HLH Tahun 2015, akan dilaksanakan penyerahan penghargaan berupa Raksaprasada untuk Sekolah Berbudaya Lingkungan (Simbolis) kepada 21 sekolah, antara lain :
1. SD      : SDN MARGADADI 4, Kab. Indramayu
2. SMP : SMPN 34 Kota Bandung
3. SMA : SMAN 1 Palimanan Kab. Cirebon
4. SMK  : SMK Bogor
5. MAN : MAN CIAWIGEBANG Kab. Kuningan
Penyerahan Penghargaan Kategori penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Tingkat Provinsi :
1. Pemerintah Daerah Kabupaten Subang
2. Pemerintah Daerah Kota Bekasi
3. Pemerintah Daerah Kab. Bandung
4. Pemerintah Daerah Kota Sukabumi
5. Pemerintah Daerah Bandung Barat

source:http://www.bplhdjabar.go.id/index.php/layanan/k2-categories-2/item/54-peringatan-hari-lingkungan-hidup-se-dunia-tingkat-provinsi-jawa-barat-tahun-2015